Wednesday, November 30, 2016

SOP SIIIPPP

SOP Siiiippp.....
Eeeiiiittttt
Stop dulu nah... Ini nih, kita nemu lagi yang unik di Solo... Namanya warung Sop Siiippp
Dari namanya kebayang kan kuah sup yang hangat, gurih emmm... Kaldunya nendang bok

Saatnya teropongku beraksi,  ikuti yuuukkk yak yuuuk

Sop Sipp,  gak jauh beda dengan sup sup yang lain,  tapi tetep aja ada yang membedakan.  Apa ya..????
Yang membedakan adalah lauknya,  emm banyak Pilihannya,  salah satu lauk favoritku adalah sate ampela. Itu salah satu lauk loh ya,  temen temennya masih banyak,  ada tempe goreng kering panas lagi,  tahu goreng gurih,  ayam goreng komplit dan bakwan juga ada,  siippp kan

Nah untuk sop nya isinya sederhana irisan wortel,  soon dan daun bawang taburan kentang goreng. Kita tinggal nambah irisan lauknya untuk teman maem sop.

Harga mah terjangkau,  sop biasa cuma Rp 8.000 , kalau sop komplet Rp 12.000 .Kalau biasa tanpa irisan,  kalau komplit tambah irisan sosis.

Ow.. Ya,  warung sop siiipp ada di Baluarti.  Untuk bisa sampai kesana kita star dari Nonongan kearah Solo Baru,  sebelum perempatan Gemblegan ada patung Gajah tepatnya Gapura Gajah nah masuk aja,  di ujung jalan itulah Sop Siipnya.

Jam bukanya dari jam 06.00 sampai dengan habis.

Ayo yang mau nyoba... Rekomended

Sunday, November 27, 2016

LOTEK

Solo selalu aja ada yang ngangeni, kali ini teropongku mampir di warung lotek SMPN 3 seperti itu biasanya 
disebut. Memang sih...yang terkenal di Solo dan banyak penggemarnya ya warung lotek ini. Lotek sangat cocok untuk mereka yang vegetarian , karena sayuran mendominasi . 

Nah...mari simak terus teropongku,

Bahan dasar lotek adalah kangkung, timun, irisan tahu , tempe dan topingnya taburan krupuk merah ada juga yang disajikan memakai lontong. Untuk sambelnya biasanya di buat mendadak alias sesuai pesanan , mau minta pedas, sedeng atau gak pedes bisa lah....irisan bawang putih , kencur, daun jeruk,cabe , gula merah, trasi / petis dan tentunya kacang tanah yang sudah goreng. semua bahan itu di haluskan dan dicampur dengan sayuran tadi. emmmm....aroma segar mulai tercium dan bikin laper.

Tak berapa lama sepiring lotek sudah tersedia , siap disantap.

Bagi temans yang dari luar Solo dan pengen incip - incip lotek ini ni ...referensinya. Dari Jalan Slamet Riyadi dari arah Barat ke Timur kita cari Wisma Lippo terus belok kiri perempatan pertama belok kiri, sampai deh di warung lotek Bu Tutik.

Untuk harga mah...standar per porsinya Rp.8.000,-oh..ya , selain lotek ada juga menu lain seperti gado - gado dan rujak cingur yang tak kalah nikmatnya. 

Mari temans merapat ke Solo...dan temukan cita rasanya, selamat incip-incip ya

Sunday, November 13, 2016

TAHU KUPAT



Lagi - lagi masih tentang Solo... Yuukk ikuti teropongku.  Kali ini akan neropong "Tahu Kupat". Makanan satu ini juga menjadi favoritnya orang Solo dan para penikmat kuliner.
Minggu pagi yang cerah sedikit mendung bawaannya laper... Tuing,  langsung kepikiran nih untuk cari sarapan.  Nah akhirnya jatuhlah pilihan ke Tahu Kupat.
Ciiittt.... Sampai di warung tenda dengan label "Sido Mampir" emang jadi mampir beneran.
"Mas.. Pesen Tahu kupat pedes pakai telur ya"..
Dalam waktu yang singkat tersajilah dihadapanku Tahu Kupat Telur... Emmm.. Nyammmiiii
Kenapa sih dinamai Tahu Kupat?  Karena ada tahu dan kupatnya dicampur dengan kol atau kubis,  cambah,  mie kuning, irisan bakwan dan taburan kacang dengan kuah kecap. Mantab...
Soal harga,  Solo mah murah,  seporsinya Rp. 10.000 udah pakai telur.  Dan di Solo ini yang jual Tahu Kupat banyak. Jadi untuk teman-teman yang dari luar Solo dan pengen incip-incip gampang,  nih tak kasih referensi ya.
Ada di Jl. Gajah Mada paling mudah kalau dicari karena akses kesitu kalau dari Stasiun Balapan tinggal ke Selatan perempatan pertama kanan jalan. 
Nah.. Bagi yang mau kulineran di Solo dan sekitarnya... Intip deh teropongkuliner.com
Yukkk...

Tuesday, November 1, 2016

WEDANG SERE



WEDANG SERE
Oleh : Yuni Astuti


Hujan – hujan gini enaknya minum yang panas, anget dan bikin seger. Emmm ....apa ya? Tak usah bingung, ikuti teropongku, kali ini aku akan meneropong tentang minuman yang hangat dan segar. Yah...namanya “Wedang Sere”
Jalan – jalan menyusuri kebun teh yang terhampar hijau, dengan udara yang dingin , membuat segar hati dan pikiran. Lagi asyik menikmati pemandangan...tercium aroma teh yang harum yang bikin ku penasaran.
Nah...ketahuan deh sekarang, ternyata aroma itu dari teko yang disajikan di sebuah resto yang tak jauh dari tempatku berdiri. Namanya “Omah Kodok” , kuayunkan langkah menuju Omah Kodok..untuk menjawab   rasa penasaranku.


Wednesday, October 26, 2016

SELAT SOLO




SELAT SOLO
Oleh : Yuni Astuti


Selat....mungkin bagi sebagian orang masih ada yang mikir apa sih selat itu ? Kalau di kota  Solo, selat adalah  sajian yang nyusss dan menggugah selera. Nah..kali ini teropongku akan ngebahas soal “Selat Solo”.
Di Solo ada beberapa warung atau rumah makan yang menu spesialnya adalah selat. Ada selat iga, selat galantin, selat daging, selat segar dan selat saos.  Yuuukkkk kita teropong.......
Selat bahan dasarnya adalah sayuran, ada wortel, buncis, kentang, mentimun, daun selada, tomat ada tambahan telur dan irisan bawang merah, udah kebayang kan gimana segarnya. Yang membedakan adalah dagingnya ada yang di cacah namanya selat galantin, ada yang di ganti iga namanya selat iga, ada yang irisan daging atau koyor. Untuk kuahnya biasanya ada dua macam mau yang segar pakai kuah bestik kecap atau yang saos merah lebih kental  karena ada campuran tepung maizenanya. Untuk menambah segarnya selat Solo ini  ditambah toping mayones. Kebayang kan gimana segarnya.

Sunday, October 16, 2016

MIE JOWO MBAH GITO YOGYAKARTA



WARUNG BAKMI JOWO MBAH GITO
Oleh : Yuni Astuti


Mendengar kata bakmi , kebayang kan olahan seperti apa yang akan tersaji. Ada Mie Godog, Goreng, nyemek dan masih banyak lagi masakan yang ber bahan dasar bakmi.
Nah...tapi di warung Bakmi Jowo Mbah Gito ini, selain menyajikan masakan yang emmm...nyami, enak dan mantap, saya juga meneropong suasana disana yang lain dari pada yang lain. Sebuah bangunan bak rumah pohon yang tersusun rapi, exsotik, njawani trus apa lagi ya....pokoke adem bikin betah deh.
Warung yang terletak ditengah kampung, tepatnya di Jl. Nyiageng No.9 Rejowinangun Peleman , Yogyakarta. Walaupun letaknya di perkampungan namun pembelinya ngantri loh pren...Waktu saya kesana banyak mobil luar kota yang singgah, dan tahu gak pren...di warung Mbah Gito ini ternyata sering juga buat liputan TV. Kebetulan juga pas saya disana lagi ada liputan. Emang sih...tempatnya yang unik punya daya tarik tersendiri.



Kebayang rumah pohon kan? Nah...kurang lebihnya seperti itu dah....dan di dalamnya banyak ornamen antik, ada lampu antik, topeng, dan pajangan yang seirama senada dengan interior yang sengaja dicipta oleh pemiliknya supaya tamu yang berkunjung punya kesan tersendiri terhadap warung itu.
Soal makanan yang disajikan ada beberapa menu seperti Mie godog, mie goreng, mie magelangan, nasi goreng, capjay goreng, capjay godog , bihun goreng dan bihun godog. Untuk minumannya ada wedang jahe, wedang uwuh, teh, es jeruk, kopi juga ada. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera kita. Monggo yang lagi berlibur ke Yogya bisa mampir dan dicoba semoga tulisan ini bisa menjadi referensi wisata kuliner. See you pren....

Solo, 12 Oktober 2016

Sunday, October 2, 2016

NASI LIWET



NASI LIWET
Oleh : Yuni Astuti

Nasi Liwet adalah salah satu makanan khas Solo yang banyak diminati oleh turis domestik maupun manca negara. Rasanya yang gurih dengan paduan ayam suwir, telur kukus dan kumut (santan kental) ditambah sayur sambel goreng labu atau pepaya muda , emmm.....bikin lidah bergoyang.
Kalau ke Solo belum menikmati Nasi Liwet rasanya ada yang kurang loh....

Untuk mendapatkan Nasi Liwet sangat mudah , hampir di penjuru Kota Solo ada yang jual Nasi Liwet. Salah satunya yang aku referensikan adalah Nasi Liwet Bu Prapti , yang buka dari jam 18.00 sampai dengan habis . Letaknya di pusat kota selatani perempatan Kilat Coyudan. Rasanya yang enak dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk 1 porsi Nasi Liwet biasa (tanpa tambahan lauk ayam atau telur ) cukup murah Rp.7.000/porsi. Nah kalau dengan tambahan lauk sampai dengan Rp. 12.000/porsi tergantung lauk tambahannya. Itu referensi Nasi Liwet yang buka malam.

WEDANG KACANG PUTIH



WEDANG KACANG
Oleh : Yuni Astuti

Mendengar namanya , apa yang kita pikirkan? Emmm.....kacang bisa jadi wedang?? Iya...Wedang Kacang, minuman yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang direbus. Dalam penyajiannya kacang tanah yang sudah direbus empuk ditambah dengan ketan putih , air gula dan kuah santan.
Minuman ini sangat cocok dinikmati saat hujan atau udara dingin. Karena Wedang Kacang enaknya disajikan dalam kondisi panas. Rasanya yang manis , gurih dan tentunya segar bisa menjadi teman disaat kita nyantai sore atau malam hari.

Di Solo Wedang Kacang sangatlah mudah didapat. Salah satu langgananku ada di perempatan coyudan. Wedang Kacang kaki lima ini buka dari jam 18.00 sampai dengan habis .Untuk sampai ke lokasi cukup mudah. Dari arah Jl.Slamet Riyadi ambil yang ke arah Solo Baru , perempatan Toko Kilat ke Selatan kira – kira 50 meter disebelah kiri, nah di trotoar itulah kita akan menemukan jajanan aneka wedang. Ada wedang ronde, wedang ndongo dan wedang kacang putih.

KOLAK KETAN



KOLAK KETAN ANEKA TOPING
Oleh : Yuni Astuti


Menikmati kuliner kota Solo yang satu ini sedikit unik dan menarik. Karena semua makanan tersaji dengan alat makan dari gerabah. Dan menunya pun lain dari yang lain, Ini ni reportasenya.
Solo yang terkenal juga dengan kota kuliner selalu berinovasi menyuguhkan hidangan dengan cita rasa jawa .Mulai dari srabi, selat, timlo,nasi liwet, aneka wedang dan masih banyak lagi yang khas . Tapi ada yang beda dengan yang satu ini.
Di sebuah gang di daerah Kratonan Solo ada sebuah  warung dengan titel “Nasi Kalong” . sebuah bangunan kuno model joglo yang masih orisinil menjadi tempat makan yang njawani apalagi dengan diiringi lagu – lagu keroncong wis pokoke Solo banget.

Thursday, September 29, 2016

KETAN METE

Ketan Mete

Apa sih yang gak ada di Solo? Apalagi kulinernya wiiihhh bikin laperrr dan baper. Di kotaku ini kalau malam banyak kafe tenda yang mulai buka dengan ciri khas masing-masing.

Nah...ini ni ada yang menarik hatiku pengen incip-incip. Tebak apa coba?
Udah ketahuan dong dari judulnya. Ya betul "Ketan Mete"

Penasaran kan? Baiklah, aku bagi deh pengalamanku menikmati makanan yang penuh sensasi.

Beberapa saat aku duduk di sudut kafe, datanglah pramusaji dengan membawa pesananku
Ow ow....ternyata ketan dengan taburan gula merah dan kacanf mete yang sudah di haluskan.emmmm nyammi

Rasanya ada gurih, asin dan manis, pas untuk teman minum teh, kopi atau jahe. Harganyapun terjangkau seporsi 6000 rupiah, murah kan?


Nah...untuk sampai ke kafe itu gampang . Apalagi bagi yang tinggal di Solo . Siapa sih yang gak tahu Sriwedari....di situlah kafe "gula jawa" yang jual aneka makanan khas ndeso hee...selamat mencoba ya..

TEROPONGKU YA KULINER

My photo
Saya ibu dengan dua putra. Yang hobby incip-incip. Nah...dari hobby itu jadi ingin punya blog untuk berbagi tentang kuliner.Semoga tulisan di Teropong Kuliner bermanfaat dan bisa jadi referensi. cp.0817266528 e.mail ; buy.najib@gmail.com

Comments system

Disqus Shortname